Kamis, 25 April 2013




Perusahaan jasa merupakan unit usaha yang kegiatannya memproduksi produk yang tidak berwujud (jasa) dengan maksud meraih keuntungan. Akan tetapi, perusahaan jasa juga membutuhkan produk berwujud dalam menyelenggarakan kegiatan usahanya. Misalnya, perusahaan angkutan menawarkan jasa transportasi kepada masyarakat. Untuk mendukung usahanya, perusahaan membutuhkan sarana transportasi berupa mobil atau bus.

Dari pengertian di atas, perusahaan jasa memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Produk yang ditawarkan berupa benda tidak berwujud (jasa). Jasa merupakan sesuatu yang tidak bisa dilihat, tetapi manfaatnya bisa dirasakan.
b. Perusahaan dan konsumen kesulitan untuk mengukur tingkat harga jasa. Tingkat harga merupakan sesuatu yang bersifat tidak mutlak karena mahal atau tidaknya harga yang ditetapkan perusahaan tergantung tingkat kepuasan konsumen.
c. Produk yang ditawarkan tidak bisa disimpan dalam bentuk persediaan. Artinya, jasa tidak bisa disimpan, dijual kembali kepada orang lain, atau dikembalikan kepada perusahaan tempat konsumen membeli jasa.

menurut wikipedia, jasa atau layanan adalah aktivitas ekonomi yang melibatkan sejumlah interaksi dengan konsumen atau dengan barang-barang milik, tetapi tidak menghasilkan transfer kepemilikan.
Contoh dari bisnis jasa yang perkembangannya cukup pesat adalah:
1. Bisnis jasa: konsultan, keuangan, perbankan,Cleaning service.
2. Perdagangan jasa: eceran, pemeliharaan dan perbaikan
3. Jasa infrastruktur: komunikasi, transportasi
4. Jasa personal/sosial: restoran, perawatan kesehatan
5. Administrasi umum: pendidikan, pemerintah.


PENGANTAR

Secara umum definisi cleaning service adalah memberikan pelayanan kebersihan, kerapihan dan Hygenisasi dari sebuah gedung / bangunan baik indoor ataupun  outdoor  sehingga tercipta suasana yang comfortable dalam menunjang aktifitas sehari—hari sebagai tujuan jangka pendeknya, dan sebagai tujuan jangka panjangnya adalah untuk mempertahankan life of time semua benda yang termasuk dalam lingkup kerja cleaning service tersebut.
Atas dasar pengertian tersebut kami mencoba menerapkannya dalam pelayanan jasa yang kami tawarkan dan kami menyadari bahwa hal tersebut dapat terwujud bila aktifitas kerja cleaning service secara day to day  operasional dilakukan atas dasar rencana kerja yang akurat dan penerapan yang profesional juga kontrol yang berkesinambungan serta berlapis baik dari pihak kami ataupun dari pihak pengelola agar seluruh unsur pendukung operasional berjalan dengan baik yang mengacu pada prinsip efisiensi dan efektifitas yaitu berupa :
1.3. Sumber daya manusia yang Well Trained dalam menggunakan bahan pembersih dan alat kebersihan secara tepat dan benar serta memiliki kejujuran, kedisiplinan, keramahtamahan, serta kepedulian terhadap keamanan dan kerusakkan inventaris gedung.
JENIS DAN LOKASI PELAYANAN CLEANING SERVICE
LOKASI PELAYANAN
- Office room
- Stair Case
- Tangga darurat
- Lobby
- Dinding darurat
- Roof
- Parking area
- Balcony
- Pantry
- Post Security
- Toilet
- Teras
PROGRAM KERJA
Harian
1. Pengelapan
2. Penyapuan
3. Pengepelan
4. Pengisian toilet supplies
5. Pembuangan sampah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar